LAPORAN INHOUSE TRAINING


LAPORAN INHOUSE TRAINING (5 – 8 Januari 2010) di sdn bi kabupaten sukabumi
Alhamdulillah saya memperoleh banyak sekali tambahan ilmu dan keahlian terkait masalah blog setelah saya mengikuti inhouse training sejak tanggal 5 – 8 Januari 2010. Dan, sekarang saya sudah memiliki blog sendiri. Check it out at http://kelasvsbi.blogspot.com
Dari pengalaman ini, saya mempersepsi bahwa secara mudah bisa dikatakan: blog adalah situs pribadi. Berbeda dengan website yang setiap kali memposting harus susah payah memakai kode ekstensi .html .php, .asp, dll, blog merupakan otomatisasi dari semua ekstensi tersebut. Implikasi dari otomatisasi ini, maka saya yang masih lugu teknologi informasi menjadi otomastis dapat memposting apa yang saya inginkan persis seperti saya memposting e-mail ke teman atau ke milis.
    Dan karena kemudahan inilah, maka saya pikir semua orang yang tahu internet dapat membuat blog atau situs pribadi; sama halnya dengan memiliki e-mail. Hasil inhouse training di hari ketiga membuktikannya.
Secara sederhana, langkah-langkah membuat blog adalah sebagai berikut: Seperti halnya e-mail, mesti dibuat account dulu di free blog provider (pemberi hosting/domain blog gratis). Dan, yang paling populer adalah http://www.blogger.com. Namun, bagi yang memiliki keahlian lebih, bisa juga membuat account di http://www.wordpress.com dan http://blogsome.com. Kira-kira demikian penjelasan Bapak Sulaiman.
Setelah selesai register/sign-up di http://blogger.com, saya dapat mulai memposting/mem-publish apapun yang saya inginkan di blog, terkait dengan inhouse training ini saya dan juga seluruh peserta lainnya “direkomendasikan” memposting berbagai hal terkait pembelajaran di SDN BI Kab.Sukabumi.
Tampilan blog (diistilahkan “template”) juga bisa didesain sedemikian rupa sesuai keinginan saya. Ini adalah langkah terakhir untuk mempunyai web-blog buatan sendiri!!!
Disini saya ditujukan untuk memilih warna dan bentuk dari web-blog. Demikian juga laman bis
a ditambah dan dihapus sesuai selera dengan cara edit laman. Kemudian, tampilkan blog
Setelah proses tersebut, blogger akan menciptakan blog saya. Setelah blog selesai dibuat, maka di browser akan ada tulisan "Your Blog Has Been Created" selanjutnya, klik start Posting untuk untuk membuat artikel/tulisan atau foto dan bahkan video. Dan, hasil posting saya dapat diakses oleh siapapun di seluruh penjuru dunia.
Melalui blog pun saya bisa meng-akses blog rekan dan teman saya dengan cara menambah daftar bacaan di blog yang saya ikuti.
Yang paling menarik, saya pun bisa memposting tes online dengan cara sign in setelah masuk ke alamat www.proprofs.com sebagai penyelia quizmakers.

     Demikian laporan inhouse training dari saya. Wassalam.

0 Response to "LAPORAN INHOUSE TRAINING"

Posting Komentar